Awali Tugas di Kaltim 34 Tahun Silam, Brigjen Pol Hariyanto Akhiri Pengabdian Sebagai Wakapolda Kaltim

oleh -17 views

PORTALMERDEKA, BALIKPAPAN – Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Kalimantan Timur Brigjen Pol Drs. Hariyanto, S.H, M.Hum memimpin apel pagi seluruh personel Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Mapolda Kaltim, Senin (1/8/2022). Ini merupakan apel terakhir baginya yang sudah memasuki masa purna tugas alias pensiun.

Kaltim menjadi daerah yang tak bakal dilupakannya. Mengapa tidak, ia mengawali karir sejak awal lulus Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988 dengan pangkat letnan dua (inspektur dua) langsung berdinas di Kompi 5137 Kaltim. Kini genap 34 tahun mengabdi, Hariyanto juga mengakhiri masa dinas di Kaltim dengan pangkat jenderal bintang satu.

“Ini apel terakhir yang saya pimpin, karena tepat hari ini (kemarin) masa dinas saya selama 34 tahun telah berakhir di TMT (terhitung mulai tanggal) 1 Agustus 2022,” ucap Brigjen Pol Hariyanto dalam arahannya.

Tidak hanya itu, perwira yang dikenal dengan julukan “Polisi Satwa” ini banyak bertugas di Kaltim. Sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolsek Sungai Nyamuk Polres Nunukan, Kepolsek KP3 Polres Tarakan, dan Kapolres Tarakan sebelum kedua wilayah tersebut tergabung ke dalam Polda Kalimantan Utara.

Pengalaman panjangnya di Satuan Brimob membuatnya gemar melatih anjing polisi atau K9. Dari sinilah rasa penyayangnya tumbuh seiring dengan rasa humanisnya. Dirinya aktif pada sejumlah kegiatan kemasyarakatan. Bahkan ia melakukannya dengan melibatkan hewan-hewan peliharaannya. Brigjen Hariyanto pernah menyalurkan bantuan ke wilayah pelosok dengan berkuda.

PENUH DEDIKASI : Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Hariyanto didampingi istri yang memasuki purna tugas dilepas penuh haru di Mapolda Kaltim Senin (1/8), dedikasi dan kebaikanya menjadi panutan yang sulit dilupakan. (FOTO : HUMAS POLDA kALTIM)

Kecintaannya kepada hewan membuatnya didapuk menjadi Dirpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri, sebelum ia resmi menjabat sebagai Wakapolda Kaltim. Dia ucapkan terima kasih kepada Kapolda Irjen Imam serta pejabat utama dan seluruh personil Polda Kaltim atas dukungannya. “Terimakasih atas dedikasinya selama saya menjabat sebagai Wakapolda dapat bekerja dengan baik sehingga situasi Kalimantan Timur sangat kondusif,” terangnya.

Dia juga memohon doa kepada rekan-rekan, agar pihaknya sekeluarga dapat melanjutkan tugas sebagai masyarakat biasa di masa purnabakti. “Kiranya kita semua diberikan kesehatan selalu oleh Allah SWT,” harap pria kelahiran Cimahi, 11 Juli 1964 ini.

Usai apel pagi, dilanjutkan dengan penyerahan jabatan Wakapolda Kaltim kepada Kapolda Kaltim yang berlangsung di ruang kerja Kapolda. Kemudian dilanjutkan acara pelepasan dirinya dengan tradisi pedang pora.

Kemudian dengan menaiki mobil jeep, Wakapolda Kaltim Brigjen Hariyanto beserta Istri Ny Untari Hariyanto menyapa satu persatu personil Polda Kaltim yang berbaris hingga pintu gerbang keluar Polda Kaltim. Suasana haru mewarnai perpisahan jenderal yang pernah mengungkap 194 kilogram narkoba jenis sabu-sabu ini. Beberapa PJU dan Bhayangkari meneteskan air mata seraya memeluk. Mereka seolah tak rela berpisah dengan sosok yang dikenal humanis, ramah dan penuh canda.

Tak hanya itu Ny Untari Hariyanto sempat tertahan saat bersama ibu-ibu Bhayangkari lainnya, seraya melontarkan kata-kata terakhir sambil meneteskan air mata jua. Pelepasan bermuara di pintu gerbang keluar Mapolda Kaltim. Personil Brimob dengan spontan menggendong Brigjen Pol Hariyanto mengantarkan sampai ke mobil. Selamat bertugas di ruang pengabdian yang baru jenderal. (da)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.